Data mining & kebutuhan bisnis
3 hal yang mendasari kebutuhan bisnis :
1. Peningkatan kapasitas produksi/layanan.
2. Penekanan biaya seefesien mungkin.
3. Keuntungan yang besar.
A. Identifikasi & perumusan / permaslahan
Industri hardware :
- Penjualan tiap bulan menurun.
- Pelanggan pindah ke competitor.
B. Analisa pencarian solusi
C. Analisa teknik-teknik implementasi masalah.
Aplikasi data mining dalam dunia bisnis :
TA. Market segmentation : menentukan level target pemasaran produk.
Ada 3 hal yang mendasari market segmentation :
1. Faktor demografi : segmentasi pasar berdasarkan umur, pekerjaan,
gaji dan hal-hal yang sifatnya turunan class customer.
2. Faktor geografi : segmentasi pasar berdasarkan letak geografis,cuaca,iklim.
3. Faktor psikologis : menentukan segmentasi pasar berdasarkam lifestyle
B. Customer chum : mengidentifikasi costumer yang beralih ke kompetitor.
C. Fraud detection : aplikasi data mining untuk mendeteksi kekurangan yang terjadi dalam transaksi.
D. Direct marketing : aplikasi data mining digunakan untuk mengidentifikasi customer yang mempunyai prospek terhadap bisnis kita.
E. Interactive marketing : data mining digunakan untuk mengidentifikasi customer dengan promosi secara interaktif.
F. Market basket analysis : data mining digunakan untuk mengidentifikasi produk-produk / item-item yang dibeli bersamaan.
G. Trend analysis : digunakan untuk mengetahui kecenderungan/trend dari pola yang berkembang.
apo kohh ?
BalasHapustak jelas :p
hahaha...
BalasHapustak jelas lah...
:P